SIA & SITO

Dasar Hukum :

  • 1. UU No.36 Th. 2009 tentang Kesehatan
  • 2. UU No. 36 Th 2014 tentang tenaga kesehatan
  • 3. PP RI No.51 Th. 2009 tentang Pekerjaan Kefarmasian
  • 4. Permenkes No. 9 Tahun 2017 tentang Apotek
  • 5. Permenkes No.889/MENKES/PER/V/2011 tentang Registrasi,Izin Praktik dan Izin Kerja Tenaga Kefarmasian
  • 6. Permenkes No.14 Tahun 2021 tentang Standart Kegiatan Usaha dan Produk Pada Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko sektor Kesehatan Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko sektor Kesehatan
  • 7. Perbup No.1 Tahun 2017 tentang Pendelegasian Kewenangan Penandatanganan Perizinan di Kabupaten Tegal

Persyaratan :

  • 1. Fotokopi STRA dan SIPA untuk SIA; Fotokopi STRTTK dan SIPTTK untuk SITO
  • 2. Fotokopi KTP, Apoteker/TTK dan Pemilik
  • 3. Fotokopi NPWP, Apoteker/TTK dan Pemilik
  • 4. Daftar prasarana, sarana, dan peralatan
  • 5. Daftar SDM di apotek/toko obat (farmasi dan non farmasi) dengan melampirkan fotokopi KTP, Ijazah, STR dan SIP
  • 6. Asli Surat Pernyataan dari APA/TTK bahwa tidak bekerja sebagai Penanggungjawab di apotek/sarana farmasi lain (bermaterai Rp.10.000,-)
  • 7. Asli surat izin atasan bagi pemohon PNS, Anggota ABRI, dan pegawai instansi lainnya (dengan kop dan stempel basah)
  • 8. Asli Surat Keterangan Sehat Fisik dan Mental dari RS pemerintah
  • 9. Asli Surat Pernyataan Apoteker/TTK dan Pemilik Sarana tidak terlibat pelanggaran perundang-undangan di bidang obat (bermaterai Rp.10.000,-)
  • 10.Fotokopi denah ruangan yang mencantumkan detail letak sarana dan prasarana beserta keterangannya
  • 11.Fotokopi denah lokasi apotek/toko obat terhadap sarana farmasi di sekitarnya lengkap dengan keterangannya
  • 12.Fotokopi Laik Sehat
  • 13.Surat Pengantar Puskesmas
  • 14.Fotokopi IMB/PBG (yang menyebutkan sarana untuk tempat usaha)
  • 15.Asli rekomendasi IAI/PAFI

Sistem, Mekanisme dan Prosedur :

  • 1. Pemohon mengajukan permohonan rekomendasi kepada Kepala Dinas Kesehatan, formulir persyaratan dapat diunduh di http://dinkes.tegalkab.go.id. Pemohon membuat permohonan 2 rangkap, yang diajukan adalah berkas salinan
  • 2. Petugas menerima dan memeriksa kelengkapan berkas permohonan, jika berkas pemohon belum lengkap maka berkas dikembalikan untuk dilengkapi
  • 3. Petugas membuat jadwal visitasi Penilaian Kesesuaian Sarana dan koordinasi dengan petugas farmasi di Puskesmas untuk melakukan visitasi
  • 4. Petugas melakukan visitasi Penilaian Kesesuaian Sarana
  • 5. Petugas memberikan catatan rekomendasi perbaikan kelengkapan sarana yang dituangkan di dalam Berita Acara Penilaian sarana. Tindak lanjut rekomendasi harus dipenuhi oleh pemohon selambat-lambatnya 7 hari sejak Berita Acara Penilaian dibuat
  • 6. Pemohon mengirimkan laporan perbaikan hasil visitasi kepada petugas, jika belum lengkap pemohon diberi waktu untuk melengkapi selama 7 hari
  • 7. Petugas membuat rekomendasi (Sertifikat Standart Sarana) bagi laporan perbaikan yang telah dinyatakan lengkap
  • 8. Pemohon melakukan registrasi di OSS RBA dan melakukan entri data persyaratan yang diminta OSS RBA

Jangka Waktu Penyelesaian : 2 Minggu

Biaya / Tarif : Tidak Dipungut Biaya

Produk Layanan : Surat Rekomendasi SIA dan SITO

Penanganan Pengaduan : Tim Perizinan

A PHP Error was encountered

Severity: Core Warning

Message: PHP Startup: Unable to load dynamic library '/usr/lib/php/20131226/php_mbstring.dll' - /usr/lib/php/20131226/php_mbstring.dll: cannot open shared object file: No such file or directory

Filename: Unknown

Line Number: 0

Backtrace: