WORKSHOP AUDIT INTERNAL

By Admin dinkes 30 Apr 2020, 10:26:14 WIB YANKES
WORKSHOP AUDIT INTERNAL

nas Kesehatan Kabupaten Tegal pada tanggal 9  s.d 10 Oktober 2019 bertempat di Ruang Adyhzta Grand Dian Hotel, menyelenggarakan worskhop audit internal dan tinjauan manajemen.  Peserta workshop 40 orang terdiri dari 4 orang tim audit internal dari 10 (sepuluh) Puskesmas yang akan disurvey akreditasi pada tahun 2020. Narasumber dari Dinkes Provinsi Jateng yaitu : dr. Anastashia Tri Yuli, MH dan IM. Widiastuti, SKM. M.Kes.  Workshop ini diselenggarakan sebagai bukti nyata bahwa Dinkes Kab. Tegal berkomitmen dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di Puskesmas khususnya. Sebab dengan kegiatan ini diharapkan tim audit internal mampu membuat kerangka acuan, jadwal dan instrumen audit, serta mensimulasikan audit internal dan rapat tinjauan manajemen. 

     Audit internal adalah audit yang dilakukan di dalamsuatuorganisasioleh auditor internal yang jugakaryawanorganisasisendiri, untukkepentingan internal organisasisendiri. Tujuan audit internal adalah Membantumenyelesaikanpermasalahanorganisasi,  dalamrangkameningkatkanmutu dan kinerjaorganisasi. Apa yang perlu dilakukan oleh tim audit intenal sebelum melakukan audit? Berikut ini kami sampaikan tahapan-tahapannya :

  • Tahap I : penyusunan rencana audit: menentukan unit-unit kerja yang akan diaudit, tujuan audit, jadual audit, dan menyiapkan instrumen audit
  • Tahap II: pengumpulan data dengan menggunakan instrumen audit yang disusun berdasar standar/kriteria tertentu
  • Tahap III: analisis data audit, perumusan masalah, prioritas masalah dan rencana tindak lanjut audit
  • Tahap IV: Pelaporandandiseminasihasil. Tim audit melaporkan hasil audit kepada kepala Puskesmas, dan penanggung jawab mananejemen mutu Puskesmas, untuk sleanjutnya dibahas pada rapat tinjauan manajemen.

Demikian sekilas tentang audit internal, semoga bermanfaat.


 



Online Support (Chat)


Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Video Terbaru

View All Video

Tag Berita

Jejak Pendapat

BAGAIMANA MENURUT ANDA TENTANG PANDEMI COVID 19 DI INDONESIA
  SANGAT WASPADA
  WASPADA SAJA
  BIASA SAJA
  TIDAK TAKUT

Komentar Terakhir