SBH Kabupaten Tegal Turut Serta Dalam Kegiatan Pertihusada VI Jawa Tengah tahun 2019

By Admin dinkes 30 Apr 2020, 10:28:26 WIB PROMKES
SBH Kabupaten Tegal Turut Serta Dalam Kegiatan Pertihusada VI Jawa Tengah tahun 2019

Satuan Karya (Saka) Bakti Husada (SBH) Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal baru saja berperan serta mengikuti kegiatan Perkemahan Bakti Saka Bhakti Husada (Pertihusada) VI Kwartir Daerah Jawa Tengah tahun 2019 yang di selenggarakan di Desa Sambirata Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas tanggal 9 sampai 13 September 2019.  

Peserta kegiatan Pertihusada Daerah VI tahun  2019 adalah Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega perwakilan dari 35 kontingen cabang se-Jawa Tengah. Pada Kegiatan Pertihusada ini SBH Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal mengirimkan satu kontingen yang terdiri dari satu umpi putra, satu umpi putri, satu orang pimpinan kontingen putra, satu orang pimpinan kontingen putri satu orang pembina pendamping putra dan satu orang pembina pendamping putri.  Satu umpi terdiri dari 10 (sepuluh) orang putra/putri pramuka penegak dan pramuka pandega putra perwakilan dari pangkalan SBH Puskesmas yang lolos seleksi pertihusada VI. Kegiatan Seleksi pertihusada VI kontingen Tegal diselenggarakan pada bulan Juni oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal.

Menurut Ketua Harian SBH Kwartir Daerah Jawa Tengah, Rita Utrajani, tujuan kegiatan Pertihusada Daerah VI tahun 2019 adalah untuk memberikan kesempatan kepada Pramuka Penegak dan Pandega anggota SBH untuk mengaktualisasikan dirinya agar mempunyai sikap mental, kepercayaan diri dan jiwa kepemimpinan yang lebih positif. Selain itu kegiatan Pertihusada diharapkan mampu mendekatkan pramuka ke masyarakat sekaligus meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Kegiatan Pertihusada Daerah VI tahun 2019 secara resmi dibuka oleh Sekretaris Daerah Jawa Tengah Sri Puyono pada senin (9/9/2019). Sedangkan Upacara penutupan Kegiatan Pertihusada VI tahun 2019 dipimpin langsung oleh Kepala Kwartir Daerah Jawa Tengah, Hj. Siti Atikoh Suprianti pada harin jumat (13/9/2019).

Selama mengikuti kegatan Pertihusada lima hari di Banyumas Kontingen SBH Kabupaten Tegal tinggal di homestay bersama pemilik homestay. Ada beberapa kegiatan yang diikuti oleh Kontingen SBH Kabupaten Tegal, diantaranya kegiatan bakti dan kegiatan pembekalan terkait program-program kesehatan. Kegiatan Bakti yang diselenggarakan antara lain pembuatan jalan refleksi, tanam obat keluarga, bedah rumah sehat, larvasidasi, pemberantasan sarang nyamuk  dan lainnya.   Kegiatan pembekalan kesehatan antara lain kegiatan Penyuluhan Keluarga Sehat, Germas, sosialisasi Stop Buang Air Besar (BAB) Sembarangan, Sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan sehat, Sosialisasi larangan buang sampah sembarangan dan lain lain. Kontingen SBH Kabupaten Tegal juga mengikuti kegiatan lomba-lomba yang diadakan untuk memeriahkan kegiatan pertihudasa VI ini. Lomba-lomba yang diadakan pada Kegiatan Pertihusada VI antara lain lomba Cerdas Tangkas Bakti Husada, lomba safari krida, lomba, lomba merangkai buah dan sayur, lomba memasak menu sehat, lomba poster kesehatan, lomba parade budaya, lomba short movie kesehatan dan lomba sendratasik kesehatan.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal, Hendadi Setiaji menambahkan,  dengan mengikuti kegiatan Pertihusada VI diharapkan agar SBH dapat menjadi pelopor kesehatan terdepan dimasyarakat dengan  turut membantu program-program Dinas Kesehatan dan sosialisasi secara langsung ke masyarakat terkait kesehatan. Selain Itu, paparnya, Saka Bakti Husada diharapkan dapat memberikan edukasi kepada masyarakat terkait gizi, PHBS dan lainnya. 


 



Online Support (Chat)


Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Video Terbaru

View All Video

Tag Berita

Jejak Pendapat

BAGAIMANA MENURUT ANDA TENTANG PANDEMI COVID 19 DI INDONESIA
  SANGAT WASPADA
  WASPADA SAJA
  BIASA SAJA
  TIDAK TAKUT

Komentar Terakhir