Pasien Corona Bertambah, Pemkab Tegal Belum Terapkan PSSB

By Perencanaan 07 Mei 2020, 20:52:35 WIB COVID-19
Pasien Corona Bertambah, Pemkab Tegal Belum Terapkan PSSB

SLAWI – Pasien terkonfirmasi positif virus corona (Covid-19) di Kabupaten Tegal jumlahnya kian bertambah.

Terhitung pada Kamis (30/4) pukul 22.00, jumlah akumulasi sebanyak 13 orang. Rinciannya, 2 orang sembuh, 2 orang meninggal dunia dan 9 orang sedang menjalani perawatan di sejumlah rumah sakit di Kota Tegal dan Kabupaten Tegal. Kendati jumlah terus meningkat, tetapi Pemkab Tegal belum menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Upaya mencegah dan memutus mata rantai Covid-19, pemkab hanya membagikan masker dan mengimbau warga supaya melakukan social dan physical distancing.

“Kami belum berencana mengajukan usulan pemberlakuan PSBB. Kita berdoa bareng-bareng, semoga Kabupaten Tegal tetap kondusif,” kata Bupati Tegal Umi Azizah, kemarin.

Menurut Umi, pemkab memiliki sejumlah upaya lain dalam mencegah penyebaran Covid-19 dibanding memberlakuan PSBB. Salah satunya dengan terus menggencarkan sosialisasi ke masyarakat. Terapkan social dan physical distancing. Warga wajib pakai masker saat keluar rumah. Dia menambahkan, beberapa waktu lalu, Korpri Kabupaten Tegal juga telah membagikan masker kepada seluruh pedagang pasar. Jumlahnya 10 ribu masker.

“Sudah kami serahkan ke pedagang,” ujarnya.

Selain Korpri, lanjut Umi, Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal juga membagikan masker kepada masyarakat. Jumlahnya 1 juta masker. Tak terkecuali, pemerintah pusat, provinsi, daerah dan desa juga memberikan bantuan berupa beras dan sembako kepada masyarakat. Diharapkan, bantuan itu tepat sasaran dan bermanfaat bagi warga yang terdampak Covid-19.

“Warga harus tetap di rumah. Kecuali jika ada kepentingan mendesak, maka wajib menggunakan masker,” pesan Umi.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pemkab Tegal dr Joko Wantoro membenarkan jika jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 semakin bertambah. Pasien terbaru seorang pria berusia 70 tahun berasal dari Desa Wangandawa, Kecamatan Talang Kabupaten Tegal.

“Pasien itu saat ini dirawat di RS Mitra Siaga Kramat. Sebelumnya, pasien berstatus PDP, ” imbuhnya. (yer/ima)



Online Support (Chat)


Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Video Terbaru

View All Video

Tag Berita

Jejak Pendapat

BAGAIMANA MENURUT ANDA TENTANG PANDEMI COVID 19 DI INDONESIA
  SANGAT WASPADA
  WASPADA SAJA
  BIASA SAJA
  TIDAK TAKUT

Komentar Terakhir