Desa Disarankan Ikut Siapkan Tempat Karantina Para Pemudik

By Perencanaan 07 Mei 2020, 20:54:27 WIB COVID-19
Desa Disarankan Ikut Siapkan Tempat Karantina Para Pemudik

SLAWI – Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tegal Hendadi Setiaji mengaku telah menyiapkan tempat karantina bagi pemudik di beberapa tempat. Namun, menurutnya akan lebih baik lagi bila pemerintah desa juga menyiapkan tempat karantina sendiri dengan memanfaatkan gedung milik pemerintah maupun pribadi yang tidak dipakai.

Kata Hendadi, Selasa (5/5), tempat karantina yang ada di Gedung Korpri sudah mulai beroperasi. Semua mobil pribadi maupun travel yang membawa penumpang akan dicek suhu badannya. Kemudian langsung dikarantina di Gedung Korpri dengan pengawasan langsung dari tenaga medis dari dinas kesehatan.

Petugas yang berjaga di tempat karantina diambil dari tenaga medis puskesmas. Mereka berjaga secara bergiliran dan terbagi menjadi tiga shift,” katanya.

Meski Pemkab Tegal ada tempat karantina, tambah Hendadi, akan lebih baik lagi kalau pemerintahan desa menyiapkan tempat karantina untuk warganya yang mudik ke kampung halaman. Tentunya dengan memanfaatkan gedung milik pemerintah yang tidak ada aktivitasnya atau gedung pribadi milik masyarakat yang dimanfaatkan untuk tempat karantina. Sehingga akan muncul sikap gotong royong dari masyarakat untuk membantu sesama.

“Seperti Desa Penusupan, telah memanfaatkan bekas gedung puskesmas. Ternyata warga juga mensuport dengan memberikan bantuan makanan untuk warga yang dikarantina,” tambahnya.

Tempat karantina di desa, lanjut Hendadi, sudah sering disampaikan dan ada beberapa yang menerapkannya. Termasuk Desa Paketiban Kecamatan Pangkah yang memanfaatkan gedung serba guna untuk tempat karantina warga yang baru pulang dari kota besar. (radar/guh/ima)

 



Online Support (Chat)


Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Video Terbaru

View All Video

Tag Berita

Jejak Pendapat

BAGAIMANA MENURUT ANDA TENTANG PANDEMI COVID 19 DI INDONESIA
  SANGAT WASPADA
  WASPADA SAJA
  BIASA SAJA
  TIDAK TAKUT

Komentar Terakhir